Hari Minggu Harinya Kartun



Ada yang hilang dari kebiasaan anak - anak jaman dulu, anak - anak 90-an. Dulu setiap hari minggu pagi, begitu bangun tidur anak - anak era 90-an sudah langsung disuguhkan film - film kartun. Ada Doraemon, Dragon Ball, Captain Tsubasa, Sinchan, Gundam, Hamtaro, Inuyasha, dan masih banyak lagi. Hari minggu kala itu seakan - akan jadi hari yang sangat menggembirakan untuk anak - anak 90-an.

Dulu belum ada sosial media, belum ada facebook, instagram, twitter. Boro - boro sosial media, internetpun waktu itu tidak pernah tersentuh oleh rata - rata anak 90-an. Handphone Android? Apalagi itu, handphone tulalit nokia 3315 saja yang punya cuma emak atau bapak. Hahaha..

Jaman sudah benar - benar sangat berubah. Anak - anak sekarang minggu pagi sudah disuguhkan acara - acara musik dewasa. Bahkan beberapa kartun seperti Sponge Bob malah diblokir sama KPI. Sementara itu acara - acara dan sinetron dewasa yang jelas tidak mendidik dibiarkan begitu saja.

Kadang saya sebagai anak 90-an heran dengan perkembangan anak jaman sekarang. Mereka terlalu cepat dewasa. Apa ini karena pengaruh tontonan. Hmm, tapi mungkin juga karema pengaruh akulturasi yang berlebihan. Apalagi sekarang ditambah internet sudah bisa diakses oleh siapa saja. Anak - anak SD atau bahkan lebih muda dari itu sudah dibelikan tablet atau handphone android dan Ipad.

Walaupun sebenarnya internet itu memang sangat banyak dampak positifnya, tapi kalau cara parenting-nya salah, sudah pasti anak - anak yang jiwa penasarannya masih sangat tajam akan tidak terkontrol. Internet ini dunia tanpa batas, karena kita bisa menemukan apa saja di internet. Bukan anti internet, tapi akan lebih baik jika orang tua selalu mendampingi anaknya ketika mereka mengakses internet. Supaya orang tua bisa mengontrol dan memberikan nasehat yang intens tentang hal - hal positif dan negatif di dalamnya.

Sebagai anak 90-an, terus terang saya memang kangen dengan keadaan kala itu. Dimana anak - anak tumbuh dan berkembang tanpa ada drama dan hal - hal negatif lain yang seharusnya tidak perlu mereka dapatkan dalam masa pertumbuhan.

Kangen nonton kartun hari minggu di TV seharian. Lupa makan, lupa mandi, lupa PR, tapi kok rasanya positif...
Unknown
Unknown

Previous
Next Post »